Rabu, 25 Juni 2014

Jenis Flora di Indonesia

    Indonesia memiliki aneka ragam tumbuh-tumbuhan. Para ahli memperkirakan ada sekitar 4.000 jenis pohon dan ribuan jenis bunga-bungaan. Perbedaan jenis tumbuh-tumbuhan yang hidup di suatu tempat karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:
a. Ketinggian tempat
b. Keadaan tanah, dan
c .Iklim
  Berdasarkan ketinggian tempat, ahli botani Jerman, Fr.Junghuhn (1809-1864) membagi daerah tumbuhandi Indonesia menjadi empat golongan, yaitu:
a. Tumbuhan padi, tebu, jagung, dan kelapa sangat cocok ditanan di daerah berketinggian 0-700 meter.
(Gambar: Tumbuhan Tebu cocok di tanam di daerah ketinggian 0-700 meter)
b. Teh, kopi, karet, kina, dan cengkih sangat cocok untuk daerah yang mempunyai ketinggian 700-1.500 meter
(Gambar: Tumbuhan kopi cocok untuk di tanam didaerah 700-1.500 meter)
c. Pohon pinus sangat cocok ditanam didaerah berketinggian 1.500-2.000 meter
d. Daerah yang berketinggian di atas 2.000 meter hanya dapat ditumbuhi lumut. Tumbuhan lain tidak dapat tumbuh karena tempat tersebut terlalu dingin
(Gambar: Tumbuhan lumut tumbuh di daerah berketinggian diatas 2.000 meter)
Selain tumbuh di daratan, tumbuhan dapat hidup dalam wilayah perairan. Tumbuhan yang dapat hidup di air termasuk tumbuhan air, seperti ganggang, eceng gondok, teratai, dan rumput laut.

(Gambar: Teratai (tumbuhan yang hidup di air))
  Posisi Indonesia yang terletak di antara dua benua ternyata juga mebawa pengaruh terhadap jenis tumbuhan. Tumbuhan yang tumbuh di wilayah Indonesia Barat memiliki cirri tumbuhan Asia. Artinya, jenis tanaman yang hidup di wilayah Indonesia bagian barat mirip dengan tanaman yang tumbuh di daerah Asia daratan. Tumbuhan di wilayah Indonesia timur digolongkan sebagai tumbuhan bercorak Australia.
   Selain ada tumbuhan yang bercorak Asia dan Australia, di Indonesia juga terdapat tumbuhan asli Indonesia atau Endemik, misalnya rambutan, asam, turi, nangka, dan durian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar