Kamis, 26 Juni 2014

Berbagai Jenis Usaha Perekonomian dalam Masyarakat

   Berdasarkan lapangan usaha, berbagai usaha yang terdapat dalam masyarakat di Indonesia dibedakan sebagai berikut:

1.Ekstraktif
  Usaha ekstraktif adalah jenis usaha yang memungut secara langsung benda-benda yang tersedia di alam. Jenis usaha ini meliputi pertambangan, penangkapan ikan, pemungutan rumput laut, dan pembuatan garam.

(Gambar: Usaha penambangan minyak yang dilakukan oleh PT Pertamina)
2.Pertanian
  Pertanian adalah jenis usaha yang kegiatannya mengusahakan hasil pertanian dengan cara mengolah tanah dan menanaminya dengan tanaman yang berguna bagi manusia. Misalnya padi, palawija, dan sayuran.

(Gambar: Lapangan kerja di bidang pertanian)
3.Industri
Industri adalah jenis usaha yang mengolah bahan baku ataupun barang setengah jadi menjadi barang jadi. Jenis usaha industri misalnya perusahaan tekstil, perusahaan mobil, dan perusahaan sepatu.

(Gambar: Lapangan kerja di bidang industri)
4.Perdagangan  
   Perdagangan adalah jenis usaha yang kegiatannya mengumpulkan barang produksi dari berbagai produsen untuk dijual kepada konsumen. Biasanya, produsen tidak langsung menjual hasil produksinya kepada konsumen, tetapi melalui perantara. Perantara itu adalah pedagang. Kegiatan yang termasuk usaha di bidang perdagangan, misalnya pedagang bahan pangan, pedagang sandang, pedagang perhiasan, dan pedagang hewan.

(Gambar: Lapangan pekerjaan di bidang perdagangan)
5.Jasa
  Jasa adalah jenis usaha yang kegiatannya menitikberatkan pada pelayanan terhadap konsumen. Kegiatan yang termasuk usaha di bidang jasa antara lain, perusahaan asuransi, perusahaan angkutan, bank, pengacara, bengkel, warung telekomunikasi, persewaan computer, dan warung internet.

(Gambar: Lapangan pekerjaan di bidang jasa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar