Kamis, 26 Juni 2014

Bukti-bukti Globalisasi di Masyarakat

Bukti-bukti di masyarakat antara lain di bidang pariwisata, periklanan, telekomunikasi, dan perpindahan penduduk (migrasi).
a. Pariwisata
   Dikenalkan suatu daerah wisata di suatu negara ke negara lain dapat terjadi karena kemajuan teknologi informasi, komunikasi, dan telekomunikasi. Banyaknya wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi tempat wisata di Indonesia dapat meningkatkan pendapatan negara. Akan tetapi, perlu diingat bahwa kemajuan di bidang pariwisata juga membawa dampak negative, antara lain masuknya budaya asing yang belum tentu cocok dengan budaya bangsa Indonesia.
(Gambar: Salah satu tempat pariwisata di Indonesia)
b. Periklanan  
  Iklan bertujuan agar sebuah produk atau kegiatan dikenal orang. Globalisasi di bidang ini turut mempercepat tersebarnya informasikepada masyarakat di seluruh dunia. Akibatnya, produk atau kegiatan yang diinformasikan melalui iklan mudah dan cepat diketahui masyarakat.
c. Telekomunikasi
   Kemajuan di bidang telekomunikasi memudahkan seseorang untuk menghubungi orang lain dengan mudah dan cepat walaupun jaraknya sangat jauh.
(Gambar: Kemajuan di bidang telekomunikasi)
d. Perpindahan Penduduk (Migrasi)
   Kemudahan komunikasi, informasi, dan transportasi menyebabkan orang dengan mudah bermigrasi ke negara lain. Pengaruh positif globalisasi di  bidang migrasi antara lain, penduduk memperoleh lapangan kerja dengan mudah. Pengaruh negatifnya, antara lain timbulnya masalah dalam negara yang didatangi. 

1 komentar:

  1. tiniest of titanium teeth on tinned gingerbread-sauce
    ‎TINN'S Mango titanium easy flux 125 amp welder Habanero Hot Sauce titanium hair straightener · ‎Sauces in Vinegar, Cane Sugar, titanium scrap price Chili buy metal online Powder, Carrot Powder, and titanium properties Garlic, Pepper

    BalasHapus